Zaini Ismail : Jangan Covid Sebagai Alasan Meningkatnya Kemiskinan di Riau

user2
Mantan Sekda Provinsi Riau, Zaini Ismail

PEKANBARU (SULUHONLINE.ID) - Pro dan kontra terkait gebrakan politik Bupati Kepulauan Meranti, M Adil yang menyatakan siap maju di Pilgub 2024 dan sekaligus mengkritik Gubernur Syamsuar berlaku tidak adil terhadap masyarakat Meranti, masih ramai diperdebatkan banyak kalangan. Salah satunya, dari tokoh Riau dan mantan Sekda Provinsi Riau, Zaini Ismail.

Zaini Ismail menyebut, kritik Bupati Meranti, M Adil, terhadap Gubernur Riau Syamsuar soal kemiskinan yang semakin nyata di Riau, jangan hanya dimaknai sebagai kritik seorang yang ingin bertarung di Pemilu 2024. Tapi, sebut Zaini, juga harus dilihat sebagai masukan yang membangun agar pemerintah lebih baik lagi dalam mengurus masyarakat Riau.

"Intinya Pemerintah Provinsi Riau jangan anti kritik," kata Zaini di Pekanbaru, Minggu, 6 Februari 2022.

Lebih jauh Zaini menyatakan, imbas yang paling nyata dari badai Covid 19 adalah meningkatnya kemiskinan masyarakat di semua daerah di Indonesia, termasuk di Riau. Namun, kata Zaini, pemerintah jangan menjadikan covid 19 sebagai alasan untuk memakmurkan masyarakat di Riau.

"Meski mengalami masa pandemi, pemerintah jangan merasa memiliki alasan soal kemiskinan di Riau yang meningkat. Itulah pentingnya memahami recofusing anggaran, sehingga anggaran untuk menekan pandemi Covid 19 dan anggaran untuk pembangunan yang menyentuh kemakmuran rakyat, bisa sama-sama terakomodir," papar Zaini Ismail.

Soal banyak pihak yang mengkritik sikap politik Bupati Adil untuk maju di Pemilu 2024, Zaini Ismail menyebut hal tersebut sudah biasa dalam tahun-tahun politik. Pro dan kontra dalam politik, kata Zaini, adalah bagian dari demokrasi.

"Tak ada yang salah dengan sikap Bupati Adil mendeklarasikan diri untuk maju di Pilgub 2024, meski baru menjabat sebagai Bupati Meranti. Bukankah Jokowi saat maju di Pilpres dulu juga baru menjabat sebagai Gubernur Jakarta?" tanya Zaini.

Bahkan, Zaini Ismail cukup salut dengan sikap politik M Adil yang sejak awal berani mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur, meski Pemilu baru akan digelar tahun 2024.         

"Jarang ada sosok dan tokoh di Riau ini yang berani muncul secara terang-terangan, dan berjanji untuk menjadi pemimpin yang lebih baik untuk rakyat. Ketika sosok M Adil muncul dengan janji itu, seharus layak diapresiasi," tutup Zaini Ismail.***SOI-1



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Ade Kembalikan Formulir Balon Bupati Inhu Kepada Tiga Parpol

RENGAT (SULUHONLINE)-Ade Agus Hartanto kembalikan tiga formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) B

Calon PPK Inhu Segera Diumumkan, Ratusan Peserta Tersingkir

RENGAT (SULUHONLINE)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah melaksana

Politisi PPP Suharto Maju Menjadi Balon Bupati Inhu

RENGAT (SULUHONLINE)-Bursa Pilkada Inhu semakin ramai dengan munculnya politisi PPP Suharto SH ya

Pilkada Inhu Tanpa Calon Perseorangan

RENGAT (SULUHONLINE)- Hingga batas waktu pendaftaran calon Bupati / Wakil Bupati Inhu melalui jal

Elda Sampaikan Aspirasi Balonbup Lewat DPD PKS

RENGAT (SULUHONLINE)- Nama Elda Suhanura SH MH tak asing lagi ditengah masyarakat Inhu. Pasalnya

DPD PKS Inhu Ramai Balonbup, Ade Agus Hartanto Kembalikan Formulir

RENGAT (SULUHONLINE)- Proses pelaksanaan pilkada serentak pemilihan Bupati Wakil Bupati di Inhu t