Bawaslu Inhu Awasi Pencoklitan Di Dusun Dalam TNBT

user2

BATANG GANSAL,(SULUHONLINE.ID) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau melakukan kegiatan pengawasan pencocokan dan penelitian (Pencoklitan) daftar pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 di daerah pedalaman Suku Talang Mamak Di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal. tepatnya di Dusun Sadan, Nunusan dan Air Bomban. 

Dusun Sadan, Nunusan dan Air Bomban tepatnya berada di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). 
 

" Kegiatan coklit ini merupakan salah satu tahapan yang harus di awasi oleh Bawaslu dalam rangka menjaga hak pilih masyarakat, " kata Ketua Bawaslu Dedi Risanto SE SH MSi Rabu,17 Juli 2024 melalui Koordinator Divisi Pencegahan Partispasi Masyarakat (P2M) dan Humas Bawaslu Inhu, Said M Affandi SE

Diungkapkan Said Affandi kegiatan pengawasan coklit tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu. 

"Proses coklit ini sangat penting untuk di awasi demi terpenuhinya hak masyarakat dalam mendapatkan hak pilihnya pada pilkada November tahun 2024 mendatang," kata Affandi.

Disampaikan lebih lanjut oleh Afandi, kegiatan tersebut memang memiliki akses tempuh yang sulit di jangkau. Perjalanan kurang lebih 6 jam menggunakan perahu boat dari Dusun Lemang Desa Rantau Langsat untuk sampai menuju ke tiga dusun tersebut, tetapi memang harus dilakukan karena setiap warga negara wajib mendapatkan hak pilihnya di proses demokrasi yang akan berlangsung nanti. 

"Cukup jauh perjalanannya, memakan waktu satu harian. Ditambah kita juga melewati jalur air menggunakan perahu, kurang lebih 6 jam perjalanan. Alhamdulillah juga masyarakat menyambut baik kedatang kita sehingga bisa berlangsung dengan cepat pelaksanaan giatnya, tetapi untuk sementara kita belum bisa memastikan persentase datanya dikarenakan tidak adanya jaringan untuk kita menginput data kedalam aplikasi Ecoklit" jelas Afandi.

Selain Bawaslu Inhu yang diwakili oleh Koordiv Sumber Daya Manusisa organisasi (SDMO) Bawaslu M. Lukman Said, proses pencoklitan tersebut juga dilakukan bersama KPU Provinsi Riau yang di wakili oleh Abdul Rahman divisi Rendatin,  Mulyanto Divisi Rendatin KPU Inhu, Azhari Ridwan Divisi hukum KPU Inhu, PPK Kecamatan Batang Gansal, Panwascam Batang Gansal dan PPS Desa Rantau Langsat serta Pantarlih TPS 05 dan TPS 06.(SOI.2) 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Bawaslu Inhu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

RENGAT (SULUHONLINE)- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mel

Mantan Gubri Dukung Haryono-Elda Pada Pilkada Inhu

RENGAT (SULUHONLINE)-Mantan Gubernur Riau (Gubri) H.R Mambang Mit mendeklarasikan dukungan kepada

Terima Surat PDI Perjuangan Ade-Hendrizal Siap Menangkan Pilkada

RENGAT (SULUHONLINE)-Surat persetujuan atau B 1 KWK PDI Perjuang Kab.Indragiri Hulu telah diserah