Setelah Melalui Seleksi Ketat 582 Anggota PPS di Inhu Dilantik

user2
Ketua KPU Inhu Ronaldi Ardian saat menandatangani berita acara pelantikan PPS

RENGAT (SULUHONLINE)- Sebanyak 582 orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Inhu dilantik. Anggota PPS dilantik dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 dalam wilayah Inhu.

Acara Pelantikan dan  Pengambilan Sumpah /Janji Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Inhu Pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati , Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024  dilaksanakan di gelanggang futsal Pematang Reba Rengat Barat, Minggu (26/5).

Pelantikan PPS ini nantinya akan melaksanakan tugas di 178 desa dan 16 Kelurahan dari 14 Kecamatan yang ada di Inhu. Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Inhu Ronaldi Ardian serta dihadiri anggota KPU Inhu, Bupati diwakili Sekda Inhu, Kapolres Inhu diwakili, Kajar diwakilkan , Dandim 0302 Inhu diwakili Kesbangpol, Disdukcapil, Tapem, Ketua Pengadilan diwaikili , para Camat Se Kabupaten Inhu, Ketua Bawaslu Inhu Serta Undangan Lainnya.

Ketua KPU Inhu Ronaldi Ardian dalam sambutannya antara lain mengatakan pelaksanaan  pilkada serentak tahun  2024 telah diatur dalam PKPU no 2 Tahun 2024. Hal ini harus menjadi pedoman dalam pelaksanaan tahapan berbagai kegiatan pilkada.

" Saya mengucapkan selamat kepada seluruh PPS yang baru dilantik kemudian meminta kepada PPS untuk melaksakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas serta menjaga integritas  dan  mematuhi regulasi yang sudah diatur oleh KPU, menjaga integritas selaku penyelenggara pilkada," tegas Ardian

Disela sela kesibukan usai pelantikan PPS Ketua PU Inhu ini  menjelaskan bahwa anggota PPS yang dilantik telah melalui beberapa kali seleksi. Mulai dari seleksi administrasi pada tanggal 13 Mei 2024, sebanyak 1.060 dinyatakan telah menuhi syarat, sedangkan 21 orang tidak memenuhi syarat.

Tahap selanjutnya menurut Ardian adalah seleksi hasil tertulis yang dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2024. Tes tertulis ini diikuti oleh calon anggota PPS yang lulus administrasi sebelumnya dan dinyatakan lulus sebanyak 891 peserta.

"Sedangkan seleksi tahap ketiga dilaksanakan wawancara terhadap mereka yang lulus tes tertulis sebelumnya. Dari hasil tes wawancara dinyatakan lulus sebanyak 842 orang," jelas Ardian.

Dari jumlah tersebut menurut ketua KPU diambil tiga orang setiap desa dan kelurahan yang memilki nilai tertinggi. Dengan demikian hanya sekitar 582 orang yang dilantik, sedangkan sisanya dipersiapakan untuk menjadi anggota Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dengan ketatnya seleksi anggota PPS ini diharapkan akan menghasilkan SDM yang bermutu. Sehingga setiap anggota PPS dapat memahami tugas pokok dan fungsinya untuk mensukseskan pilkada khususnya di Inhu.(SO02).

 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Bawaslu Inhu Awasi Pencoklitan Di Dusun Dalam TNBT

BATANG GANSAL,(SULUHONLINE.ID) - Badan Pengawas Pemilu (Bawa

PSU TPS 4 Perkebunan Sungai Lala Selesai Digelar, Berikut Hasil Hitung Sementara

RENGAT (SULUHONLINE)- Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 4 desa Perkebunan Sungai La

PSU Masih Berlangsung, 261 Sudah Gunakan Hak Pilih

RENGAT (SULUHONLINE)- Hingga pukul 12. 00 Wib, pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 04 &n

Menantikan Saat Pelaksanaan PSU TPS 04 di Inhu

RENGAT (SULUHONLINE) Pelaksanaam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dapil V, TPS 04 desa Perkebunan Sei

Dapil 5 Inhu Gelar PSU, MK Kabulkan Gugatan PPP

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan Partai Persatuan P

Balonbup Inhu Ade Agus Silaturahmi DPW Perindo

RENGAT (SULUHONLINE)-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Inhu telah menerima formulir pend