RS Awal Bros Resmikan Layanan Alarm Center Emergency Medical Services (EMS) 1500088

user2
Suasana acara peresmian Emergency Medical Service

PEKANBARU (SULUHONLINE.ID) - Rumah Sakit Awal Bros meresmikan layanan terbarunya, Alarm Center Emergency Medical Services (EMS) 1500088. Peresmian ini dilaksanakan di RS Awal Bros Sudirman, Pekanbaru,  Kamis (17/2). 

Dalam agenda ini turut hadir CEO RS Awal Bros Ir Arfan Awaloeddin MARS, Founder layanan 118 yang juga menjadi konsultan layanan EMS Prof Dr dr Aryono D Pusponegoro Sp B KBD FCSI FRCSED- Ad Hom, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal SIK MH, dan Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy yang meresmikan secara langsung layanan ini.

CEO RS Awal Bros Ir Arfan Awaloeddin MARS mengatakan, saat ini layanan tersebut tersedia di seluruh RS Awal Bros Group, di Riau dan Kepulauan Riau. Ia berharap dengan di-launchingnya Alarm Center ini, penanganan pelayanan kesehatan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. 

"Hanya dengan menekan tombol 1500088, semua permasalahan kesehatan akan cepat tertalangi, kami siap 24 jam melayani masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan," katanya. 

Arfan mengharapkan, hadirnya pelayanan ini dapat membantu dan menjadi layanan yang baik. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dan dukungan Pemerintah Provinsi Riau serta Polda Riau. 

"Semoga dengan sinergi saling mengisi ini, kolaborasi akan menjadi lebih baik. Terima kasih juga kepada masyarakat yang selama ini mempercayakan pelayanan kesehatannya di Rumah Sakit Awal Bros," ucapnya. 

Sementara itu, Medical Director Emergency Medical Service RS Awal Bros dr Kristina Agustini Sp EM memaparkan, EMS atau layanan medis gawat darurat adalah suatu sistem layanan yang bertujuan memberikan akses bagi orang yang sedang mengalami kondisi medis gawat darurat untuk memperoleh pertolongan pertama yang tepat, upaya resusitasi dan stabilisasi sedini mungkin dengan dukungan anggota tim yang terlatih dan peralatan yang terstandarisasi. 

Dengan sistem yang dikembangkan oleh Awal Bros EMS, pertolongan pertama sudah mulai diberikan dalam bentuk panduan audio oleh dispatcher selagi tim diluncurkan ke lokasi kejadian. "Setelah upaya resusitasi dan stabilisasi oleh tim medis yang tiba di lokasi, pasien akan ditransfer ke RS Awal Bros untuk mendapatkan penanganan definitif oleh tim dokter spesialis yang handal sesuai dengan kebutuhan pasien," jelasnya. 

Kristina Agustini menjelaskan, ambulance khusus yang digunakan untuk memberi bantuan dan pertolongan kepada korban. Ambulance EMS dilengkapi peralatan penunjang hidup seperti mesin ventilator, monitor, alat pacu jantung dan alat-alat medis lainnya. 

"Kini tidak perlu khawatir untuk mendapatkan akses pelayanan kegawatdaruratan yang cepat dan tepat. Layanan Awal Bros Emergency Medical Service hadir untuk memberikan pertolongan kepada yang memerlukan," imbuhnya. 

Kapolda Riau, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal SIK MH menambahkan apa yang digagas oleh RS Awal Bros dan tim direksinya menunjukkan hari ini yang dibutuhkan adalah cepat menolong masyarakat. "Polda Riau dan jajaran akan mensupport itu semua dan akan mengembangkannya, insyaallah. Karena ada irisan yang erat antara apa yang digagas Awal Bros dengan tugas kami. Karena kami yang akan bertanggungjawab dengan keamanan di jalan dan juga di berbagai lokasi pemukiman penduduk," ujar Kapolda. 

Selain itu, dalam sambutannya, Masrul Kasmy menyebutkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengapresiasi upaya yang dilakukan bersama dalam peresmian layanan Alarm Center RS Awal Bros. 

"Melihat kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini, adalah sebagai salah satu upaya yang maksimal untuk pelayanan masyarakat dan ini sangat kita apresiasi," ujar Masrul Kasmy. 

Menurutnya, jika dilihat dari aspek kependudukan dan demografi, ini dapat menjadi sebuah persoalan bersama yang harus diatasi dengan baik kedepannya. "Karena sudah ada 73 RS di Provinsi Riau dengan jumlah penduduk Riau sekarang 6,45 juta jiwa, untuk Kota Pekanbaru 1.045.039 dan tentunya ini akan bertambah terus. Untuk itu, aspek inilah yang perlu kita kendalikan dengan baik," kata Masrul. 

Melihat banyaknya kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat yang tidak bisa dibendung dinamikanya, ucap Masrul, dengan kehadiran Alarm Center di RS Awal Bros hari ini memang penting adanya. Namun ke depannya perlu dilakukannya kolaborasi dan koordinasi dari berbagai pihak bersangkutan agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Kita perlu kolaborasi dan koordinasi karena kita tak bisa memprediksi kondisi-kondisi yang bisa berakibat dalam beberapa tahun mendatang, seperti ledakan penduduk, dan kebutuhan aktivitas masyarakat yang tidak terkendali," ucap Masrul.***SOI-1



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Dua Dusun Di Inhu Ini Nikmati Listrik PLN 24 Jam

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID),– Sebanyak lebih dari 273 kepala keluarga yang berada di dua dusun y

Maju Balon Gubernur Riau ,Mantan Bupati Inhu Daftar Ke Nasdem

PEKANBARU, (SULUHONLINE.ID) - Yopi Arianto mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur ke part

Jaga Pasokan Listrik, PLN Dinilai Ikut Sukses Gebyar Ini.

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sukses menjaga pasokan listrik pada

JMSI Riau ''Ngopi Sore'' Bersama Bupati Pelalawan

PEKANBARU,(SUlUHONLINE.ID) - Bupati Pelalawan H Zukri Misran akhirnya berkesempatan memenuhi unda

PKS PT KAS Batu Papan Kembali Perbaiki Jalinsel

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Kharisma Agro Sejahtera