Ini 5 Program Unggulan Baznas Riau Bantu Masyarakat Kurang Mampu

user2

PEKANBARU (SULUHONLINE.ID) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, Masriadi Hasan menyampaikan terdapat lima program unggulan Baznas Provinsi Riau dalam rangka membantu masyarakat miskin dan masyarakat mampu di Provinsi Riau.

Masriadi Hasan menerangkan, adapun lima program tersebut yaitu, pertama program Riau Makmur, program ini ditujukan untuk menumbuhkan kemandirian mustahik dan diharapkan menjadi muzakki antara lain dengan mendirikan kelompok pemberdayaan zakat di beberapa daerah.

"Dilakukan pelatihan wirausaha atau wiraswasta, pemberian modal usaha bagi pengusaha ekonomi lemah dan sebagainya," katanya, saat rapat koordinasi bersama Gubri di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (14/2/2022).

Ia melanjutkan, program unggulan berikutnya adalah program Riau Cerdas. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kecerdasaan masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Seperti program bantuan biaya pendidikan untuk SMA dan perguruan tinggi.

Program asrama Baznas di UNILAK dan UIN Suska Riau, program keluarga SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana) bekerja sama dengan dikti dan Perguruan Tinggi, program bantuan beasiswa untuk mahasiswa bersekolah di luar negeri, program sekolah cendekia Baznas bekerja sama dengan Baznas RI untuk tingkat SMP.

"Ada pula program pendidikan pondok pesantren Al Hidayah Baznas Riau (Pulau Zakat di Bengkalis Dan Pelalawan)," tambahnya.

Ketua Baznas ini menambahkan, selanjutnya adalah program Riau Sehat yang ditujukan untuk memberikan bantuan biaya pengobatan untuk dhuafa dan miskin. Seperti mengadakan kerja sama dengan rumah sakit untuk mempermudah kaum dhuafa memperoleh pelayanan kesehatan yang baik.

"Juga mendirikan sanitasi air bersih, mendirikan rumah singgah Baznas Provinsi Riau bekerja sama dengan RSUD Arifin Achmad," katanya.

Ia mengungkapkan, program unggulan keempat yakni program Riau Dakwah. Program ini ditujukan untuk membangun dan memperkuat keimanan serta ketaqwaan masyarakat khususnya muallaf, melalui pengiriman da'i ke berbagai daerah suku pedalaman di Provinsi Riau, bekerja sama dengan Ormas Islam, termasuk da'i serta kaderisasi para ulama muda.

Terakhir adalah program Riau Peduli atau Tanggap Darurat Bencana. Program ini ditujukan untuk menanggulangi berbagai macam musibah di berbagai macam daerah yang sering terjadi di Provinsi Riau, seperti di kabupaten/kota dan tempat-tempat lainnya.

"Program ini mulai dari tahapan darurat sampai membangun kembali sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Baznas Provinsi Riau juga rutin menyantuni fakir setiap bulannya. Contohnya saat ini yaitu dalam penanggulangan wabah COVID-19," tutupnya.***SOI-1



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Cek BBM Jelang Idul Fitri 1445 H, Polres Inhu Datangi SPBU

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), melalui Unit Tindak P

Dukung Transformasi Energi, Bupati Inhu Bangga SPKLU Pertama

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Bertempat di Kantor PT. PLN Persero UP3 Rengat Jln.

Digelar Di Inhu, Kakanwil Kemenkumham Riau Buka Workshop Kegiatan Ini

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Sebanyak 80 orang peserta dari Kabupaten Indragiri Hul

Satreskrim Sidak Harga Pangan dan Upal di Pasar Rengat

RENGAT (SULUHONLINE )- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda R