Viral! Pembalap Indonesia yang Satu Tim dengan Valentino Rossi di WRT, Ini Profilnya

user2

SULUHONLINE.ID - Nama Sean Gelael viral dan jadi perbincangan saat mengalami kecelakaan dengan ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kecelakaan ini terjadi saat Sean Gelael mengikuti ajang Kejurnas Spring Rally 2021 di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat. 
Namanya kini kembali jadi perbincangan usai Valentino Rossi dinyatakan resmi bergabung dengan W Racing Team (WRT). Sebelumnya Sean Gelael sudah lebih dulu bergabung dengan tim tersebut.

Bergabungnya mantan pembalap Moto GP yang baru saja pensiun itu bikin publik heboh. Sebab sejak berita pembalap yang berjuluk The Doctors itu pensiun penggemarnya tak bisa menahan kesedihan. 

Rupanya pemegang juara dunia Moto GP 9 kali ini tak bisa lama-lama berdiam diri. Kali ini siap balapan lagi, bedanya kali ini ia akan menunggangi mobil balap bukan lagi motor balap. Walau satu tim, Sean dan Rossi tidak akan bisa bermitra. Lantaran keduanya turun di dua ajang berbeda. Sean akan turun balapan di kejuaraan FIA World Endurance Championship (WEC). Adapun Rossi akan balapan di GT World Challenge Europe. Walau beda kejuaraan mereka akan sama-sama memulai balapannya di tahun 2022 ini. 

Lantas sudah pada akrab belum dengan sosok Sean Gelael yang satu tim dengan legenda Moto GP Valentino Rossi? Kenalan lebih dekat dengannya lewat ulasan tentang profil Sean Gelael berikut ini yuk.

Sean Gelael adalah pembalap muda kelahiran 1 November 1996. Sean Gelael lahir dengan nama lengkap Muhammad Ricardo Sean Gelael. Sean adalah cucu dari pengusaha sukses Dick Gelael yang tak lain adalah pendiri KFC Indonesia. 
Sean adalah putra mantan pembalap Indonesia Ricardo Gelael dan artis senior RA. Sri Sudarini atau Rini S. Bono. Sean memilih untuk mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi pembalap alih-alih artis.

Sean Gelael diketahui berpacaran dengan Naarah Josoef yang merupakan sepupu dari Dian Sastrowardoyo. Sang kekasih juga kerap memberikan dukungan pada Sean.

Karier Sean Gelael sudah dimulai sejak ia masih kecil. Pada musim balap 2021, Sean Gelael bergabung dengan Jota Sport dan ikut di kejuaraan FIA World Endurance Champhionship.

Di musim tahun 2022, Sean Gelael bergabung dengan WRT yang merupakan tim juara di ajang FIA World Endurance Champhionship pada musim 2021. Ia juga satu tim dengan Valentino Rossi yang baru saja resmi bergabung dengan WRT.

Sean Gelael memulai karier balapan sejak tahun 2005. Saat itu, ia turun di Kejurnas Sprint Rally dan menjadi navigator bagi sang ayah. Ia kemudian turun di ajang gokart musim 2009 di kelas Rotax Max Junior. Tapi ia juga tetap bertahan di kejurnas reli.

Karier internasional Sean Gelael dimulai pada tahun 2011. Ia menjadi salah satu pembalap Indonesia yang turun di ajang Gokart Internasional. 

Pada tahun 2013, Sean Gelael pindah ke Eropa dan mengikuti ajang F3 Eropa selama 2 tahun. Ia ikut serta dalam GP 2 Series yang kemudian berganti nama menjadi FIA Formula 2. Ia juga berpartisipasi dalam Asian LeMans Series sebanyak setengah musim.

Baru pada tahun 2016, Sean Gelael berkesempatan ikut kompetisi GP 2 Series dengan tim Campos Racing. Saat bersama Campos Racing, ia satu tim dengan Mitch Evans.

Saat balapan di GP 2 bersama dengan Campos Racing, Sean Gelael pernah sukses finis di urutan kedua. Sean pun sukses naik podium pertamanya di Red Bull Ring. Ia bersebelahan dengan Mitch Evans, rekan setimnya yang berhasil meraih podium pertama.

Sean Gelael pernah menjajal balapan di formula satu dengan mengendarai Toro Rosso selama latihan bebas Grand Prix Malaysia 2017. 

Sean Gelael juga berhasil finis di urutan ketiga saat debut di seri LeMans Asia. Ia bersama rekannya saat itu Antonio Giovinazzi berhasil mencatatkan namanya dengan finis ketiga di klasemen. Di musim balap 2012, Ia bergabung dengan Jota Sport. Ia berhasil finis di urutan kedua dan kelima di Dubai. Ia juga sukses memenangkan kedua balapan di Abu Dhabi. 

Di LeMans Eropa 2021 Sean Gelael masih bersama dengan Jota Sport. Ia dan rekannya pembalap asal Malaysia Jazeman Jaafar berhasil finis di urutan ketiga.

Di kejuaraan FIA Endurance Champhionship, Sean Gelael menorehkan prestasi. Bermitra dengan Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist bersama Jota Sport, ia mampu finis di urutan ketujuh pada 24 Hours of Le Mans 2021. 

Untuk musim balap 2022, Sean Gelael bergabung dengan W Racing Team (WRT). WRT adalah tim juara FIA Endurance Champhionship 2021. Bergabungnya Sean ke tim juara diharapkan akan bisa memacu dan meningkatkan prestasinya. Ia juga satu tim dengan Valentino Rossi meski tak akan bisa bermitra. Sebab keduanya turun di kejuaraan yang berbeda. Ia akan debut pada musim 2022 pada tanggal 18 Maret mendatang.

Itulah profil Sean Gelael beserta perjalanan kariernya di dunia balap. Pembalap muda Indonesia yang satu tim dengan mantan pembalap Moto GP, Valentino Rossi. Semoga karier Sean Gelael semakin cemerlang. Sukses terus Sean, semoga berhasil naik podium di musim balap 2022 nanti.***SOI-1



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Disporapar Inhu Taja Turnamen Sepak Bola Tingkat SLTP Sederajat

RENGAT (SULUHONLINE)- Sebanyak 37sekolah SLTP sederajat yang berasal dari 14 Kecamatan di Inhu be

Inhu Pertahankan Juara Pacu Jalur Tepian Narosa

RENGAT (SULUHONLINE )- Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)  berhasil mempertahankan Piala bergil

Atlet Jalur Inhu Siap Pertahankan Prestasi Saat Berlaga di Tepian Narosa

RENGAT (SULUHONLINE)- Kondisi para atlet jalur Kab. Inhu dalam kondisi puncak. Serta siap untuk m

Ahmad Syukur Tutup Turnamen Sepak Bola Rengat Barat CUP 1

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) – Bertempat dilapangan Sepak Bola Gerbangsari,Kelur

250 Atlet Ikuti Kejuaraan Badminton Bupati Cup I Inhu

RENGAT (SULUHONLINE.ID)- Sebanyak 250 atlet Bulutangkis mengikuti Kejuaraan Badm

106 Club Bola Volly Ikuti Turnamen Danau Baru Cup I Dibuka Staf Ahli Bupati

RENGAT (SULUHONLINE)- Sebanyak 106 club bola volly Putra/putri dari Kabupaten Indragiri Hulu dan