Yuk Pantau! 5 Beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri buat Pelajar Indonesia.

user2

Jakarta (SULUHONLINE.ID) - Ada berbagai program beasiswa dan bantuan pendidikan yang siap membantu pelajar Indonesia untuk dapat melanjutkan studi hingga pendidikan tinggi. Beberapa di antaranya bahkan merupakan beasiswa S1 untuk studi ke luar negeri. Apa saja?
Beasiswa pemerintah Korea Selatan, contohnya, membuka 220 bangku kuota untuk pelajar internasional yang akan mendaftar beasiswa jenjang S1. Jika ingin lanjut S2, ada sekitar 1.080 bangku kuota yang menanti mahasiswa dari penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Beasiswa untuk pelajar Indonesia berikut di antaranya membuka pendaftaran mulai Februari, sementara beberapa lainnya mulai pertengahan kedua tahun 2022. Sebelum dibuka, yuk cek dulu daftar program beasiswa untuk calon mahasiswa Indonesia dan siapkan syaratnya.

Beasiswa Pemerintah Korea
Beasiswa Pemerintah Korea atau Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah bagian Global Korean Scholarship (GKS) untuk mahasiswa internasional program S1, pascasarjana, dan penelitian.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, sekolah bahasa, biaya hidup, tiket pesawat, asuransi kesehatan, tunjangan perpindahan tempat tinggal, tunjangan kemampuan bahasa Korea, biaya penelitian, biaya pencetakan tesis atau disertasi, dan satu kali tunjangan persiapan kembali ke negara asal.

Sebagai catatan, mahasiswa yang diterima di sekolah pascasarjana khusus dengan biaya lebih dari USD 10.000 atau Rp 143 juta (kurs Rp 14.318) per tahun harus menerima beasiswa tambahan dari universitas untuk membiayai uang kuliah yang tidak dicakup KGSP.

Pendaftaran beasiswa ke Korea Selatan ini umumnya dibuka setiap tahun pada bulan September untuk jenjang S1 dan bulan Februari untuk jenjang S2. Pantau beasiswanya di laman https://www.studyinkorea.go.kr/ .

Beasiswa Turkiye Burslari
Beasiswa pemerintah Turki Turkiye Burslari dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3, dan program riset. Beasiswa penuh atau fully funded ini di antaranya mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, biaya tempat tinggal dan makanan, fasilitas kesehatan, dan tiket pesawat.

Beasiswa Turkiye Burslari biasanya dibuka mulai 10 Januari-20 Februari. Seleksi dimulai bulan Maret dan pengumuman penerima beasiswa dijadwalkan sekitar awal Agustus. Informasi penerimaan beasiswa ke Turki ini bisa dipantau di laman resmi https://www.turkiyeburslari.gov.tr/ .

Beasiswa Pemerintah Rusia
Beasiswa S1 sampai S3 dibuka pemerintah Rusia untuk pelajar Indonesia dan calon mahasiswa internasional setiap tahun. Beasiswa parsial ini di antaranya mencakup biaya kuliah dan uang saku.

Periode pendaftaran beasiswa pemerintah Rusia umumnya dibuka tiap Desember atau Januari. Namun, untuk tahun akademik 2022/2023, pendaftaran dibuka lebih cepat pada September - November 2021. Agar tidak ketinggalan informasi, anda bisa pantau pembukaan pendaftarannya di laman resmi beasiswa pemerintah Rusia education-in-russia.com. Jangan lupa ganti setelah bahasanya ke bahasa Inggris, ya!

Bantuan Pendidikan KIP Kuliah
Bantuan Pendidikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah beasiswa pemerintah Indonesia untuk melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). KIP Kuliah mencakup biaya pendidikan di perguruan tinggi dan subsidi biaya hidup sesuai pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Tahun lalu, periode pendaftaran akun beasiswa KIP Kuliah dibuka mulai 8 Februari 2021. Calon penerima KIP Kuliah bisa mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi, di antaranya yakni SNMPTN, UTBK-SBMPTN, serta seleksi mandiri PTN dan PTS. Kabar terbaru KIP Kuliah bisa dipantau di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .

Beasiswa Tanoto Foundation
Beasiswa Teladan Tanoto Foundation ditujukan untuk mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program Teladan. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup bulanan hingga semester 8, kesempatan magang, sponsorship untuk ikut kompetisi, konferensi, dan pengembangan kepemimpinan, kesempatan hibah dana penelitian, dan lain-lain.

Beasiswa kepemimpinan Teladan tahun lalu membuka pendaftaran sekitar bulan Agustus 2021. Penerima beasiswa lalu diumumkan Januari 2022. Pembukaan beasiswa Tanoto bisa dipantau di laman resmi tanotofoundation.org .

Nah, itu dia lima beasiswa S1 ke Korea Selatan, Turki, Rusia, dan di dalam negeri yang bisa di pantau. Semangat berjuang masuk kuliah, ya! ***SOI-1



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Camat : Tantangan Kedepan Sungguh Berat

RENGAT (SULUHONLINE)- SMAN I Lirik Inhu menggelar acara perpisahan kelas XII sekolah tersebut. Se

Baru Selesai Dibangun, Kapolres Inhu Resmikan Bangunan MCK dan Pojok Baca SD Marginal Rakit Kulim

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, A

Pertamina EP Lirik Field Bantu Wujudkan Mimpi Suku Talang Mamak Di Inhu

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Bagi anak-anak yang tinggal di daerah yang sudah maju tentu tidak sulit

Guru Beserta Keluarga Besar SMAN I Lirik Gelar Halal Bihalal

RENGAT (SULUHONLINE)-Usai libur lebaran Idul Fitri guru SMAN I Lirik Inhu kembali melaksanakan ke

Ketua JMSI Riau dan Rektor UIR Hadiri Buka Puasa Bersama

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) –  Bertempat Di Hotel Prime Park, Pekanba

SMAN I Lirik Inhu Gelar Osis Cup Ke-5

RENGAT (SULUHONLINE)- Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) SMAN I Lirik Inhu melaksanakan kegiat