654 Narapidana Riau Terima Remisi Natal 2021, 6 Orang Langsung Bebas

user2

PEKANBARU (SULUHONLINE.ID) - Sebanyak 654 Narapidana di Riau mendapat remisi hari besar Natal dan Hari Ibu 2022 di Lapas Perempuan dan Anak Kelas II A Pekanbaru, Sabtu, 25 Desember 2021.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Riau, Pujo Harinto mengatakan pemberian remisi kepada narapidana salah satu indikator pelaksanaan pembinaan dan salah satu pemenuhan hak bagi narapidana yang dilindungi dan ditetapkan oleh Undang-Undang.

"Sebanyak 654 narapidana yang ada di Riau mendapatkan Remisi Khusus (RK) atau pengurangan masa hukuman pada perayaan hari besar keagamaan," ucap Pujo Harinto sebagaimana dikutip riauonline.co.id, di Lapas Perempuan Pekanbaru, Sabtu, (25/12/202).

Selain itu Pujo juga menjelaskan, dari jumlah tersebut sebanyak 648 narapidana memperoleh RK I atau pengurangan masa hukuman sebahagian dan 6 orang lagi mendapatkan RK II atau dinyatakan bebas setelah masa hukumannya dikurangi remisi.

"Remisi Khusus Natal ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif, sesuai peraturan perundang-undangan," lanjutnya.

Selanjutnya, Remisi yang didapatkan hari ini merupakan apresiasi pemerintah dalam bentuk reward atau hadiah berupa pengurangan masa hukuman.

"Semoga remisi yang saudara dapatkan dapat menjadi pemicu untuk tetap bersikap dan berperilaku baik serta senantiasa menaati tata tertib lapas atau rutan. Juga perubahan perilaku dan sikap menuju warga negara yang baik dan taat hukum, yang harus saudara cerminkan kepada masyarakat dan bangsa setelah bebas nanti," tutup pria yang juga pernah beberapa kali menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan ini.



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Ketua PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Usai pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua PWI Riau Raja Isyam

Polsek Kelayang Patroli Rumah Kosong

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, rutin melaksanakan patroli pada sejuml

Polisi Inhu Bantu Mobil Pemudik Pecah Ban

RENGAT (SULUHONLINE)- Salah satu mobil masyarakat pemudik yang melintas diruas Jalan Lintas Timur

DPRD Inhu Gelar Rapat Paripurna PAW, M.Ardhi Farhan Resmi Gantikan Yurizal

RENGAT, (SULUHONLINE.ID) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu Menggel

Perdana Kabupaten Indragiri Hulu Peringati Hari Jadi ke-68

RENGAT (SULUHONLINE)-Hari ini, Selasa, 19 Maret 2024, DPRD Inhu mengadakan Rapat Paripurna dalam

Polsek LBJ Laksanakan Operasi Tertib Ramadhan Tabah dan Sabar Mas

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, melalui Polsek