Pertamina EP Lirik Field Bantu Wujudkan Mimpi Suku Talang Mamak Di Inhu

user2

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Bagi anak-anak yang tinggal di daerah yang sudah maju tentu tidak sulit mendapatkan akses pendidikan yang layak dan memadai. Namun, bagi anak-anak Suku Talang Mamak hal itu masih butuh perjuangan. Selama delapan tahun terakhir, Pertamina EP (PEP) Lirik Field mendorong perjuangan mereka lewat program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan.

Talang Mamak tergolong Proto Melayu (Melayu Tua). Suku ini merupakan suku asli Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang tersebar di Kecamatan Rakit Kulim, Batang Gansal, Batang Cenaku dan Rengat Barat. Anak-anak Suku Talang Mamak hidup di dalam kawasan hutan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. 

Di Kecamatan Rakit Kulim, yang juga merupakan Ring 2 wilayah kerja PEP Lirik Field, ada sekolah dasar yang berada jauh di pedalaman. Tidak ada jalan mulus, yang ada hanyalah jalan rusak dan becek saat penghujan dan terik berdebu saat kemarau. Anak-anak suku talang mamak mengalahkan jarak hingga 2 kilometer berjalan kaki menuju ke sekolah, yakni SDN 028 Talang Sungai Limau. 

Berdirinya SDN 028 sebagai sekolah yang definitif terealisasi tahun 2017 berkat dukungan berbagai pihak, salah satunya dari PEP Lirik Field. Wilayah ini belum terjangkau listrik maupun jaringan seluler sehingga mempersulit proses belajar mengajar.

 “Dulu sekolah ini kurang layak dan jauh dari kata nyaman, tapi berkat bantuan Pertamina bisa mulai berbenah, dan akhirnya banyak yang bantu juga. Kami berterima kasih atas bantuan bantuan yang sudah dikasih ke SD ini, hingga saat ini semua yang diberikan oleh Pertamina masih dan sangat bermanfaat,” kenang Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau yang sempat menjadi Local Hero pada tahun 2020 dari Pertamina.

PEP Lirik Field ambil bagian untuk mendorong terwujudnya akses pendidikan yang layak bagi anak-anak Suku Talang Mamak sejak tahun 2016. Mulai dari perbaikan infrastruktur, hingga perbaikan kualitas tenaga pengajar telah dilakukan secara bertahap serta pemberian beasiswa kepada murid.

Di awal program, yakni tahun 2016, bantuan yang diberikan berupa renovasi ruang guru dan pembangunan ruang Pustaka. Pasokan buku pembelajaran diperoleh dari kerja sama dengan Gramedia. Selanjutnya, tahun 2018 titik fokus program ada di kesehatan dan sanitasi. Dibangunlah fasilitas filtrasi air bersih dan MCK. 

Dalam hal kesadaran lingkungan, PEP Lirik Field dan pihak sekolah menginisiasi sekolah adiwiyata untuk SDN 028 Talang Sungai Limau dengan Studi Banding ke SDN 083 Pekanbaru tahun 2016.

 “Kami para guru melihat implementasi kegiatan berbasis lingkungan yang bisa diterapkan di sekolah,” ungkap Kepala Sekolah SDN 028 Talang Sungai Limau Asril, S.Pd.

Tidak berhenti disitu, untuk menunjang fasilitas belajar anak – anak Suku Talang Mamak maka di tahun 2019 PEP Lirik Field memberikan bantuan berupa bangunan Musholla, sebab belum terdapat tempat ibadah pada sekolah ini dan mengingat belum adanya listrik pada sekolah ini, maka di tahun 2020 PEP Lirik Field memberikan bantuan solar cell yang menjadi sumber listrik ramah lingkungan dan mudah digunakan oleh para guru untuk memenuhi kebutuhan listrik di sekolah. Hingga kini, PEP Lirik Field terus memantau perkembangan SDN 028 Talang Sungai Limau. Beberapa kali diadakan dorongan motivasi lewat program Pertamina Mengajar.

Field Manager PEP Lirik, Luqman Arif, mengatakan bahwa dukungan yang diberikan PEP Lirik Field untuk selalu menyalakan energi Anak Suku Talang Mamak. 

“Semangat mereka untuk belajar, menggapai cita-cita, jangan sampai terputus karena keterbatasan. Pertamina peduli tehadap pendidikan dan tidak ingin membiarkan Anak Suku Talang Mamak tertinggal,” jelas Luqman yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan kepada media dalam press releasenya,Sabtu, 3 Mei 2024.

Dengan bergerak bersama pemerintah daerah dan masyarakat adat setempat, PEP Lirik Field mendorong terwujudnya kemerdekaan akses belajar bagi anak-anak Suku Talang Mamak, yang juga mendukung tercapainya dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs yakni tujuan 4 pendidikan berkualitas, tujuan 6 air bersih dan sanitasi layak, tujuan 7 energi bersih dan terjangkau, tujuan 10 berkurangnya kesenjangan dan tujuan 17 kemitraan untuk mencapai tujuan. Kelak, merekalah (anak-anak Suku Talang Mamak red) yang akan menjadi guru, dokter, polisi, hingga pengusaha sukses yang pertama dari sukunya. PEP Lirik Field mengimplementasikan tema Hardiknas 2024 “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” hingga ke pelosok daerah (Rls/SOI.3)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Songsong Hari Pertama Sekolah.JMSI Pelalawan Semangatkan Raffy dan Qory

PELALAWAN, (SULUH ONLINE. ID ) - Musim libur sekolah segera berakhir, kegia

Edukasi di SMAN 1 Rengat, Ini Ungkapan Bea Cukai Tembilahan

RENGAT (SULUHONLINE)- Kantor Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tembilahan, kunjungi sekaligus membe

Camat : Tantangan Kedepan Sungguh Berat

RENGAT (SULUHONLINE)- SMAN I Lirik Inhu menggelar acara perpisahan kelas XII sekolah tersebut. Se

Baru Selesai Dibangun, Kapolres Inhu Resmikan Bangunan MCK dan Pojok Baca SD Marginal Rakit Kulim

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, A

Guru Beserta Keluarga Besar SMAN I Lirik Gelar Halal Bihalal

RENGAT (SULUHONLINE)-Usai libur lebaran Idul Fitri guru SMAN I Lirik Inhu kembali melaksanakan ke

Ketua JMSI Riau dan Rektor UIR Hadiri Buka Puasa Bersama

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) –  Bertempat Di Hotel Prime Park, Pekanba