PKS PT KAS Batu Papan Kembali Perbaiki Jalinsel

user2

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Kharisma Agro Sejahtera (KAS) Batu Papan sumbangan material untuk memperbaiki ruas jalan lintas selatan (Jalinsel) di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, yang rusak.

Perbaikan ruas jalan tersebut dilakukan menggunakan alat berat milik pabrik sawit PT KAS Batu Papan dimana kerusakan Jalan lintas Selatan (Jalinsel) di akibatkan dari tingginya curah hujan serta terjadinya air banjir disejumlah ruas titik ruas jalan, ketika air surut jalan tersebut menjadi hancur dan aktifitas rutin perbaikan jalan dilakukan perusahaan PT KAS Batu Papan.

pengerjaanperbaikan Jalinsel di beberapa desa yakni Desa Kampung Baru, Desa Batu Papan, Puntianai, DK2 hingga di Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku tersebut sudah dilakukan dalam sepekan ini oleh perusahaan, Tampak perbaikan jalan tersebut menggunakan alat berat jenis doser dan bomak. Material batu yang ditimbulkan menggunakan doser kemudian dipadatkan menggunakan bomak.

Seperti terlihat Kamis (2/5/2024), perbaikan ruas jalan lintas selatan ini sudah terlihat di Desa Aur Cina bantuan material dari perusahaan sudah mulai dikerjakan.

"Perbaikan jalan secara rutin ini sudah dilakukan oleh PT KAS Batu Papan sebagai salah bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat setempat, karena banyak terhambatnya akses transportasi masyarakat akibat jalan yang rusak parah," ujar Humas PT KAS Suherwin SH , Kamis (2//5/2024) kepada sejumlah media.

Dikatakan Erwin, Perbaikan Jalinsel di sejumlah desa di Batang Cenaku tersebut, bukan menjadi agenda rutin, namun dalam sebulan bisa saja dua sampai tiga kali material jalan disumbangkan oleh pihak PKS PT KAS dan perbaikan jalan menggunakan alat berat milik perusahaan.

"Dilapangkan masyarakat juga antuasias bergotong royong mengatur antrian kendaraan yang melintasi ketika alat berat sedang bekerja perbaikan jalan," ucap Suherwin.

Sejumlah badan Jalinsel masih tanah, akan rusak jika diguyur hujan lebat. Begitu jalan rusak, maka akan dilakukan servis jalan atau perbaikan jalan menggunakan alat berat milik PT KAS. 

"Kita menyumbangkan material batu, menurunkan alat berat dengan anggaran yang sangat besar tentunya," jelas Suherwin  yang juga advokat pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pena Riau ini.

Selama perbaikan dan pengerjaan jalan, Manajemen PKS PT. KAS selalu bergerak sendirian, tanpa ada bantuan dari pihak korporasi lainnya. 

"Meski kami merasa berat, kami berharap adanya gotong royong dari korporasi yang ada di Kecamatan Batang Cenaku dalam perbaikan ruas jalinsel yang rusak di Kecamatan Batang Cenaku," harapnya.

Selain PKS PT KAS, di Kecamatan Batang Cenaku terdapat juga unit bisnis pengolahan sawit dan perkebunan kelapa sawit, seperti PT Arvena Sepakat, PT Mega Nusa, dan PT Tasma Puja serta korporasi lainnya yang juga menggunakan lintas Jalinsel.

"Ayo sama-sama kita perbaiki jalan ini, biar masyarakat kita tidak ada kendala lagi masalah jalan. Kami betul-betul berharap kerusakan jalan lintas di Batang Cenaku ini menjadi perhatian bersama perusahaan lainnya, karena kebun dan buah sawit mereka juga melintasi Jalinsel," tuturnya.

Dari manajemen pabrik sawit PT KAS, tampak Harta Susanto yang akrab di panggil Along turun langsung Kamis (2/5/2024) di Jalinsel Desa Aur Cina, Sejumlah alat berat masih berjibaku bekerja melakukan perbaikan dan pengerasan Jalinsel di Desa Aur Cina (Rls/SOI.2) 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Tingkatan Profesional. Bawaslu Inhu Gelar Pelatihan

RENGAT, (SULUHONLINE.ID) -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu

Bawaslu dan JMSI Inhu Tandatangan MOU

RENGAT,  (SULUHONLINE.ID) -Bertempat Di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabup