Perdana Kabupaten Indragiri Hulu Peringati Hari Jadi ke-68

user2
Ketua Pansus hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu beserta pimpinan dewan foto bersama Bupati Inhu serta ketua LAMR Riau

RENGAT (SULUHONLINE)-Hari ini, Selasa, 19 Maret 2024, DPRD Inhu mengadakan Rapat Paripurna dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu ke-68. Ini merupakan momen peringatan perdana setelah Perda Hari Jadi Inhu disahkan tahun lalu.

"Saya yakin, momentum ini bakal menjadi tonggak kejayaan, perubahan, dan kesejahteraan Kabupaten Inhu ke depan. Dulu, daerah kita ini tak punya hari jadi, tak tahu berapa usia kabupaten ini. Tahun lalu, palu sudah diketok ditetapkanlah Hari Jadi Inhu pada 19 Maret 1956, artinya hari ini, tanah Indragiri ini genap berusia 68 tahun," jelas Muhammad Syafaat, mantan ketua Pansus Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (19/3) via ponselnya.

Menurut Syafaat yang juga Ketua Komisi IV DPRD Inhu bahwa dewan menggelar Rapat Paripurna di Dang Purnama hari ini (Selasa, red) di Kota Rengat, kota yang penuh dengan balutan sejarah kejayaan Kerajaan Indragiri. Dan dalam suasana bulan suci Ramadhan pula. Insya Allah berkah bersama.

"Qadarullah, karena tengah berada di luar kota, saya tak bisa hadir di acara yang istimewa ini. Semoga acaranya dapat berjalan dengan lancar serta sukses," harap Syafaat dengan nada sedih.

Lebih jauh Syafaat menceritakan dulu saat menerima amanah sebagai Ketua Pansus Hari Jadi, sdirinya  merasa ini amanah yang tak mudah. Sebab, Hari Jadi bagi sebuah daerah merupakan sebuah hal yang sakral. Menjadi penanda kemajuan suatu negeri. Sesuatu yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Inhu.

"Bismillah, amanah itu akhirnya saya terima. Satu-satunya alasan adalah demi majunya kabupaten yang kita cintai ini. Masyarakat kita juga sudah lama mengidam-idamkan Hari Jadi ini. "Kapan ya Inhu punya Hari Jadi kayak kabupaten lainnya?," begitu kira-kira pertanyaan yang sering terlontar dari masyarakat ungkap Syafaat.

Singkat cerita lanjut Syafaat dirinya  dan kawan-kawan (Pansus Hari Jadi, red) bekerjalah. Proses demi proses bergulir. Lebih kurang 3-4 bulan lamanya kami bertungkus-lumus menggodoknya, melakukan riset dan observasi, mencari referensi, studi banding, mendengarkan usulan dari para tokoh, sampai menggelar seminar.

Saat itu, beragam aspirasi dan usulan datang dari berbagai kalangan. Kajiannya begitu kompleks. Tapi kita berusaha mewadahi berbagai pandangan itu. Sebagian ingin menggunakan pendekatan historis atau kesejarahan dalam menentukan Hari Jadi.

Namun, kalau pendekatan ini yang dipakai, bakal memakan waktu yang panjang. Bakal banyak hambatannya. Salah satunya karena minimnya referensi terkait kesejarahan Kerajaan Indragiri.

Akhirnya, kita sampai pada titik temu bahwa ini adalah pansus hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu. Meski sejarah Inhu yang panjang tak bisa kita pisahkan. Tak bisa dilepaskan begitu saja dalam perjalanan Kabupaten tua ini. Ia memiliki ketersambungan.

'Hari ini, sejuta harapan membentang panjang. Akan Indragiri yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera lagi masyarakatnya," jelas Syafaat penuh semangat.

Ucapan terima kasih teruntai kepada putra jati Indragiri Hulu yang juga Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Ketua Persebatian Kerajaan Indragiri Hulu  HR Maizir Mit, Ketua LAM Inhu Datuk Ali Fahmi Aziz, Ketua-Ketua LAM Kecamatan Se-Indragiri Hulu, seluruh pihak terkait, dan seluruh komponen masyarakat Inhu.

"Doa dari saya untuk seluruh pe mangku amanah di negeri ini, mulai dari Bupati hingga kepala desa mampu menjadi contoh dan teladan dalam kepemimpinan untuk mewujudkan Inhu yg lebih adil dan sejahtera," harap Syafaat yang juga ketua DPD PKS Inhu serta diberi kembali mandat oleh masyarakat untuk duduk kembali di DPRD Inhu.

Berdasarkan undangan yang beredar Rapat Paripurna DPRD Inhu dalam rangka hari jadi ke 68 Kabupaten Indragiri Hulu akan dimulai pukul 15.00 wib. Digedung Sejuta Sungkai  kota Rengat (SO02)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Polsek Kelayang Patroli Rumah Kosong

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, rutin melaksanakan patroli pada sejuml

Polisi Inhu Bantu Mobil Pemudik Pecah Ban

RENGAT (SULUHONLINE)- Salah satu mobil masyarakat pemudik yang melintas diruas Jalan Lintas Timur

DPRD Inhu Gelar Rapat Paripurna PAW, M.Ardhi Farhan Resmi Gantikan Yurizal

RENGAT, (SULUHONLINE.ID) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu Menggel

Polsek LBJ Laksanakan Operasi Tertib Ramadhan Tabah dan Sabar Mas

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, melalui Polsek

Mendagri Resmi Lantik SF Hariyanto Sebagai Pj Gubernur Riau

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, M Tito Karnavian resmi melantik SF H

Perempuan Muda Tersangka Pelaku Curas Sadis di Inhu Ditangkap Polisi

RENGAT (SULUHONLINE)-Tim Jatanras Narasinga Satreskrim Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau b