Komisi Informasi dan PWI Pusat Tandatangani MOU Keterbukaan Informasi Publik

user2

JAKARTA (SULUHONLINE)-
Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (RI) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam waktu dekat akan menandatangani Kesepakatan Bersama (MOU), Kesepahaman Bersama dalam mendorong keterbukaan informasi publik.

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat RI, Dr Ir Dony Yoesgiantoro, MM, MPA, usai pertemuan silaturrahmi dengan Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun, dalam siaran persnya kepada media di Jakarta Rabu (7/1) mengatakan, wartawan adalah mitra kerja yang sangat strategis untuk bergandengan tangan mendorong  terwujudkan transparansi, khususnya keterbukaan informasi publik pada Badan Publik (BP) di tingkat nasional maupun daerah.

Karena itu, kata Ketua KI Pusat, pihaknya baru saja bertemu dan bersilaturrahmi dengan Pengurus PWI Pusat  "Bersilaturahmi, membahas dan menyepakati  agar KI dan anggota PWI mendorong lebih masih terciptanya transparansi di BP," kata Dony.

Menurut Dony, masih banyak keluhan terkait ketertutupan BP, terutama akses wartawan terhadap data dan informasi di BP."Teman-teman wartawan bisa mengakses menggunakan UU KIP.Transparansi dan akuntabilitas ini penting didorong untuk memperiki bangsa ini bersama-sama. Peran wartawan sangat strategis untuk hal ini," ujar Dony.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendri CH Bangun, menyambut baik inisiatif yang disampaikan Ketua Komisi Informasi Pusat terkait rencana MOU tersebut. Hendri memerintahkan Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandar dan staf PWI membahas secara teknis."Tentu materi teknis dibantu teman-teman KI mematangkanya bersama kita di PWI," tutur Hendri.

Ketua, Sekjend PWI Pusat,  dan Ketua KI Pusat juga membahas apakah MOU ini bisa ditandatangi bersama pada puncak HPN 20 Fenbruari mendatang."Tergantung kesiapannya, sebaiknya pada HPN nanti, " kata Hendri

Pada pertemuan yang berlangsung di Kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers tersebut, selain
Ketua Komisi Informasi Pusat dan Ketua Umum PWI, juga hadir
H. Zufra Irwan SE, MM (Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau), Dr. Hj. Linda Desafitri RB, MM., CHE (Stafsus Ketua KI Pusat). Sedangkan Ketua PWI, selain didampingi Sekjend PWI juga ada Direktur Sekolah Jurnalistik PWI, Firdaus Komar. (SO02/ril)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One Dari PWI

JAKARTA, (SULUHONLINE.ID) - Teguh Santosa, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menja

Berkat Kerjasama, JMSI Riau Raih Penghargaan Silver JMSi Award

JAKARTA, (SULUHONLINE.ID) - Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provin

JMSI Pusat Launching Lembaga Bantuan Hukum

JAKARTA,(SULUHONLINE.ID) - Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (PP JMSI) melaunching Le

JMSI Riau Gelar Syukuran Dan Doa Bersama

PEKANBARU ,(SULUHONLINE.ID) – Pengurus dan anggota Jaringan Media Siber I

845 TPS di Riau Berpotensi Banjir Termasuk Inhu 98

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Sebanyak 845 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Riau berpotensi b