Hari Ini Terjadi Kembali Bukaan Pintu PLTA Koto Panjang

user2

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang kembali menambah tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada, Sabtu (27/1/2024) secara bertahap.

Penambahan tinggi bukaan pintu waduk sehubungan dengan adanya kenaikan inflow yang menyebabkan kenaikan elevasi Waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau.

Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, Sabtu (27/1/2024).

"Kami informasikan PLTA Koto Panjang melakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate) Secara bertahap pada jam 10 pagi dan nanti pukul 1 Siang,"ujarnya.

Cecep mengatakan, penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan naiknya debit air masuk (inflow) dan kenaikan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

Ia juga menjelaskan bahwa penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk pada pukul 10.00 WIB sebesar 5x40 cm total bukaan pintu 5x110 cm dengan perkiraan kenaikan permukaan air sungai 40-50 cm dan nanti pada pukul 01.00 WIB sebesar 5x30 cm total bukaan pintu 5x140 cm dengan perkiraan kenaikan permukaan air sungai 30-40 cm.

Cecep mengatakan, penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan adanya kenaikan debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

"Dengan begitu, PLTA Koto Panjang saat ini berada pada Elevasi : 84.38 Mdpl dengan Outflow Turbine: 302.03 m3/s, Outflow Spillway 5 x 70 cm : 524.99 m3/s dan Total Outflow : 827.02 m3/s Inflow Waduk : 1.237.13 m3/s,"tutupnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar agar selalu waspada.

"Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk," katanya

Kemudian,l Pj Bupati Kampar saat dikonfirmasi menyatakan bahwa terhadap bukaan pintu air ini akan berdampak di Daerah Aliran Sungai Kampar dimana akan ada kenaikan air sungai di Hilir Waduk PLTA Koto Panjang.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga dan masyarakat terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai Kampar untuk tetap waspada dan hati-hati, terutama jaga anak-anak dan harta dan barang berharga,"himbaunya.(SO02/mcr)

 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Ternyata Areal PT. SWP Masuk Kawasan Hutan Berkonflik Dengan Masyarakat

RENGAT (SULUHONLINE)-Banyak yang tidak tau ternyata PT. Sinar Widita Pamarta (PT. SWP) di wilayah

PT. SWP Dituntut Kembalikan 226 Ha Lahan Kepada Masyarakat

RENGAT (SULUHONLINE)- Masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Raja Bertuah (RB) kembali melayang

Elda Sampaikan Sambutan Inhu Terima WTP Delapan Kali Berturut

RENGAT (SULUHONLINE)- Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura SH.MH didaulat memberikan sambutan mewakili K

70 Anggota PPK Inhu Dilantik

RENGAT (SULUHONLINE)- Suasana pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak tahun 2024 da

Ketua PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Usai pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua PWI Riau Raja Isyam

Polsek Kelayang Patroli Rumah Kosong

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, rutin melaksanakan patroli pada sejuml