Hari Ini Terjadi Kembali Bukaan Pintu PLTA Koto Panjang

user2

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang kembali menambah tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada, Sabtu (27/1/2024) secara bertahap.

Penambahan tinggi bukaan pintu waduk sehubungan dengan adanya kenaikan inflow yang menyebabkan kenaikan elevasi Waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau.

Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, Sabtu (27/1/2024).

"Kami informasikan PLTA Koto Panjang melakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate) Secara bertahap pada jam 10 pagi dan nanti pukul 1 Siang,"ujarnya.

Cecep mengatakan, penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan naiknya debit air masuk (inflow) dan kenaikan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

Ia juga menjelaskan bahwa penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk pada pukul 10.00 WIB sebesar 5x40 cm total bukaan pintu 5x110 cm dengan perkiraan kenaikan permukaan air sungai 40-50 cm dan nanti pada pukul 01.00 WIB sebesar 5x30 cm total bukaan pintu 5x140 cm dengan perkiraan kenaikan permukaan air sungai 30-40 cm.

Cecep mengatakan, penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan adanya kenaikan debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

"Dengan begitu, PLTA Koto Panjang saat ini berada pada Elevasi : 84.38 Mdpl dengan Outflow Turbine: 302.03 m3/s, Outflow Spillway 5 x 70 cm : 524.99 m3/s dan Total Outflow : 827.02 m3/s Inflow Waduk : 1.237.13 m3/s,"tutupnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar agar selalu waspada.

"Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk," katanya

Kemudian,l Pj Bupati Kampar saat dikonfirmasi menyatakan bahwa terhadap bukaan pintu air ini akan berdampak di Daerah Aliran Sungai Kampar dimana akan ada kenaikan air sungai di Hilir Waduk PLTA Koto Panjang.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga dan masyarakat terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai Kampar untuk tetap waspada dan hati-hati, terutama jaga anak-anak dan harta dan barang berharga,"himbaunya.(SO02/mcr)

 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Kembali PLTA Koto Panjang Tambah Bukaan Pintu Waduk Jadi 3x50 Cm

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Manajemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau kembali kembali mela

Jalan Rusak Mobil Logistik Terjebak

RENGAT (SULUHONLINE)- Akibat kondisi jalan yang rusak dan ekstrim dampak curah hujan meningkat, 2

Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik Siaga Pemilu

JAKARTA (SULUHONLINE)- Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memimpin langsung apel s

Kapolres Inhu Lepas Satgas Anti Money Politics

RENGAT (SULUHONLINE)- Jangan coba-coba 'main uang" untuk meraih kemenangan pemilu 2024. Karena Ke

1.664 Personil Polda Riau Dikerahkan Amankan Pemilu

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Sebanyak 1.664 personil Polda Riau telah dikerahkan untuk melakukan peng

Mulai Besok KPU Inhu Salurkan Distribusikan Logistik Pemilu

RENGAT (SULUHONLINE)– Menjelang dilaksanakannya hari pencoblosan pemilu 14 Pebruari 2024, Komis