Dikuti 20 Wartawan. PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona Riau Gelar Media Gathering

user2

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) – Sebanyak  20 Wartawan dari Perwakilan Media yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten  Pelalawan dan Kabupaten Siak. Termasuk di antaranya para ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni Ketua PWI Pelalawan Samsul Bahri, Ketua PWI Siak Wiwik Widaningsih dan Ketua PWI Indragiri Hulu Efril Reza mengikuti media gathering yang bertajuk Peran dan Tantangan Pers Daerah di Wilayah Kerja Hulu Migas.

Kegiatan Media Gathering tersebut gelar oleh PT Pertamina Hulu Rokan  Regional 1 Zona Riau yakni Pertamina EP Lirik Field dan Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar di Hotel Bellin Internasional Pekanbaru yang dilaksanakan Rabu 22 November 2023 sampai dengan Kamis 23 November 2023.

Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Indragiri hulu yang merupakan wilayah operasi perusahaan minyak tersebut 

Sebagai narasumber dala Media Gathering tersebut  adalah Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, Head Of Comrel & CID Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Djulianto Tasmat dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Riau sekaligus Direktur Harian Cetak Riau Pos dan Pimpinan Redaksi riaupos.co Firman Agus.

pada kesempatan ini turut hadir Assistant Manager Comrel & CID Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Yuliani.

Dalam pemaparannya. Head Of Comrel & CID Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Djulianto Tasmat mengatahkan, bahwa Pers Daerah di wilayah operasi perusahaan industri hulu migas memiliki peran yang besar dalam menyampaikan informasi yang akurat. Hubungan baik dan sinergi dengan media memiliki peranan penting dalam pemberitaan positif.

“ Begitu banyak pemberitaan positif dari rekan-rekan media di Inhu, Pelalawan dan Siak, ini merupakan bukti bahwa PHE Kampar dan PEP Lirik menjalin komunikasi dengan baik. Jarang sekali, bahkan tidak ada berita negatif,” ungkap Djulianto Tasmat 

Bahkan, Kata Djulianto. PHE Kampar telah diberi apresiasi sebagai Sahabat Media 2023 oleh PWI Pelalawan.

Sinergi pers daerah dan perusahaan juga mendorong tersebarnya informasi mengenai kinerja industri hulu migas yang menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional maupun daerah. Khususnya program pengembangan masyarakat (PPM) yang dilakukan Pertamina EP Lirik dan PHE Kampar di desa-desa ring 1 wilayah kerjanya.

Program PPM ini diselaraskan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Media juga memiliki peran edukasi mengenai sektor hulu migas yang memiliki efek berganda bagi perekonomian. Kinerja hulu migas yang berada dalam pengawasan SKK Migas menjadi sumber pendapatan negara (PNBP), Dana Bagi Hasil (DBH) Daerah, Participacing Interest 10% bagi daerah, kerjasama dengan lokal vendor hingga PPM.

Hal ini disampaikan Yanin Kholison juga memiliki tantangan. Salah satunya dinamika pengadaan lahan untuk sumur pengeboran, mencari cadangan migas dan meningkatkan produksi lapangan yang sudah ada.

Saat ini wilayah kerja SKK Migas Sumatera Bagian Utara memiliki total 474 sumur di 5 Provinsi, 34 Kabupaten Kota yang dikerjakan oleh 38 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS).

“ Dukungan dari media dan elemen masyarakat lain sangat dibutuhkan agar massif dan agresifnya kegiatan operasi dapat berjalan lancar tanpa kendala,” kata Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison

Sementara itu,  Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Riau Firman mengungkapkan adanya mediamorfosis yaitu perubahan media seiring berubahnya lanskap media, newsroom, audiens, bisnis media dan fungsi media itu sendiri.

Jurnalisme saat ini dihadapkan pada kebutuhan medium multi platform, konten yang mendalam, dan pemberi makna. 

“Jika tidak bisa mendalam dan memberi makna, kita kalah dengan Artificial Intelligence (AI). Kebutuhan multi platform juga harus diwadahi tanpa mengurangi kaidah jurnalistik, untuk tetap menjaga kredibilitas/kepercayaan,” kata Firman dalam paparan materinya.

Tanpa menggurui, diskusi berlangsung cair dan menarik karena banyak kritik dan gagasan yang disampaikan. ” Mulai dari pengawasan dana Dana Bagi Hasil (DBH), alokasi pengembangan desa hingga maraknya wartawan abal-abal yang mencoreng profesi jurnalis,” Jelas firman Agus

Sebagai penutup Assistant Manager Comrel & CID PHR Regional 1 Yuliani menyampaikan bahwa kolaborasi antara perusahaan dan media punya peranan penting untuk membangun kepercayaan.

“Perusahaan membutuhkan media untuk membangun kepercayaan stakeholder dan masyarakat. Media juga butuh kepercayaan akan profesionalisme dan kredibitasnya. Karena itu keduanya butuh kolaborasi,” katanya

Yuliani berharap dengan digelarnya media gathering ini diharapkan terjalin hubungan yang baik antara media dan perusahaan dan kolaborasi makin erat dan bermanfaat.

“ Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi wartawan dari seluruh Wilayah Riau khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Siak,” Ucap Yuliani (SOI.4/Rls)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Pengurus PWI Kuansing Dilantik Ini Pesan Raja Isyam

TELUK KUANTAN (SULUHONLINE) -Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing periode 202

Pemkab Inhu Raih Penghargaan Pengelola SIGA se Provinsi Riau Riau

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) –   Sekretaris Utama Badan Kependudukan d

JMSI Inhu Gelar Bukber dan Diskusi

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Indr

Dihadiri Asisten III, Pemkab Inhu Gelar Peringatan Malam Nuzul Qur'an

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) -  Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar acara memperingati

Bupati Inhu Safari Ramadhan 1445 H di Desa Pasir Ringgit

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pelaks

Polsek Peranap Gelar Pasar Murah Dari Kapolres Inhu

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Kepolisian Resor Indragiri Hulu melalui Polsek Peran