Puslatbagkhan LAN Aceh Stula Ke Bapelitbangda Kota Batam

user2

BATAM, (SULUHONLINE.ID) - Peserta Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I Pusat Latihan dan Pengembangan Kepemimpinan Badan Kepegawaian Negara (PUSLATBANG KHAN) LAN Aceh melakukan Studi Lapangan (STULA) ke Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam. 

Para peserta PKP tersebut diterima langsung oleh Kepala Bapelitbangda Kota Batam, Dahlina Nopilawati, S.T yang saat itu didampingi Sekretaris Bapelitbangda Kota Batam, Tuti Damayanti, S.P, Kepala Bidang (Kabid) Penelitian Pengembangan, Perencanaan Program, Evaluasi, dan Pelaporan, Tiara Armela, S.T., M.T serta beberapa Staf Bapelitbangda Kota Batam.,Selasa ( 5/9/2023).

Kepala Bapelitbangda Kota Batam Dahlina Nopilawati, S.T dalam sambutannya memperkenalkan tiga inovasi unggulan Bapelitbangda Kota Batam, baik dalam bentuk digital maupun non-digital. 

Ketiga inovasi unggulan tersebut meliputi pertama  Aplikasi Semenanjung, Apalikasi ini merupakan aplikasi terintegrasi dengan aplikasi lain yang digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Batam. 

“ Aplikasi ini bertujuan untuk memungkinkan masyarakat Kota Batam melakukan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan kebijakan pembangunan kota,” jelasnya

Kemudian, kedua, Aplikasi Pojok Audisi, aplikasi ini menyediakan ruangan yang disediakan oleh Bapelitbangda Kota Batam untuk menerima dan memfasilitasi kebutuhan koordinasi serta konsultasi dengan 43 OPD yang ada di Kota Batam.

Ketiga, adalah Aplikasi Sistem Evaluasi Perencanaan Pembangunan (SEPP). 

“ Inovasi digital yang dikembangkan oleh Bapelitbangda Kota Batam sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017,” ungkapnya

Studi Lapangan peserta PKP ini dilakukan untuk mempelajari penerapan 13 mata pelajaran inti yang sudah dipelajari selama masa self-learning, distan learning, dan kelas tatap muka I. 

Peserta PKP Angkatan I juga akan mengidentifikasi pelajaran yang mereka peroleh sebagai Lesson Learned individu dan Lesson Learned kelompok. 

Total peserta studi lapangan ke Bapelitbangda Kota Batam berjumlah 20 orang Studi lapangan ini akan berlangsung selama 4 hari.

“ Para peserta PKP ini akan memperdalam pemahaman terkait nilai-nilai pelajaran yang sudah mereka pelajari selama ini, sesuai dengan ucapan Plt. Kepala PUSLATBANG KHAN LAN ACEH, Said Fadhil, S.IP., M.M,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Studi Lapangan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I Pusat Latihan dan Pengembangan Kepemimpinan Badan Kepegawaian Negara (PUSLATBANG KHAN) LAN Aceh ke Bapelitbangda Kota Batam, Agus, menyatakan bahwa studi lapangan ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam merancang aksi perubahan yang akan dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing-masing peserta PKP Angkatan I, dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepemimpinan.

Selama berdiskusi mengenai inovasi dan pelaksanaannya, peserta juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan langsung ke ruang "Pojok Audisi.

Salah satu peserta studi lapangan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mirsahwal, menekankan bahwa kegiatan ini berfokus pada Reformasi Birokrasi Tematik, di mana LAN RI telah mengintegrasikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional dengan isu-isu prioritas nasional untuk percepatan penyelesaian masalah dan dampak positif pada masyarakat dari kebijakan, program, karya, dan inovasi yang dihasilkan.(SOI.2)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Dua Dusun Di Inhu Ini Nikmati Listrik PLN 24 Jam

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID),– Sebanyak lebih dari 273 kepala keluarga yang berada di dua dusun y

Maju Balon Gubernur Riau ,Mantan Bupati Inhu Daftar Ke Nasdem

PEKANBARU, (SULUHONLINE.ID) - Yopi Arianto mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur ke part

Jaga Pasokan Listrik, PLN Dinilai Ikut Sukses Gebyar Ini.

PEKANBARU,(SULUHONLINE.ID) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sukses menjaga pasokan listrik pada

JMSI Riau ''Ngopi Sore'' Bersama Bupati Pelalawan

PEKANBARU,(SUlUHONLINE.ID) - Bupati Pelalawan H Zukri Misran akhirnya berkesempatan memenuhi unda

PKS PT KAS Batu Papan Kembali Perbaiki Jalinsel

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Kharisma Agro Sejahtera