KLHK RI Minta Pelaku Usaha Kebun Sawit Urus Perizinan Sesuai UU Ciptaker

user2

JAKARTA,(SULUHONLINE.ID) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyoroti aspek perizinan para pelaku usaha kebun kelapa sawit di kawasan hutan. KLHK meminta para pengusaha untuk mengikuti undang-undang (UU) yang berlaku.
"Berdasarkan hasil temuan BPKP menunjukkan masih banyak permasalahan di industri sawit dari hulu hingga hilir. Namun, prioritas satgas dalam waktu dekat adalah permasalahan perizinan di sisi hulu," ungkap Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, Senin (17/7/2023) sebagaimana dikutip dari detik.com

Hal itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Penyelesaian Sawit di Dalam Kawasan Hutan yang digelar di Hotel Sultan Jakarta.

Satgas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keppres Nomor 9 Tahun 2023.

Ketua Pengarah Satgas ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan, dan sebagai Ketua Pelaksana adalah Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. 

"Pembentukan Satuan Tugas bertujuan melakukan penanganan dan peningkatan tata kelola industri kelapa sawit serta penyelesaian dan optimalisasi penerimaan negara dari pajak dan bukan pajak pada industri kelapa sawit," katanya.

Selain itu, Bambang menjelaskan penyelesaian perkebunan sawit dalam kawasan hutan terbagi menjadi 2 kluster tipologi sesuai dengan Pasal 110A dan Pasal 110B Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

"Kategori Pasal 110A ini adalah perkebunan kelapa sawit terbangun yang mempunyai izin usaha perkebunan dan sesuai tata ruang pada saat izin diterbitkan tetapi statusnya saat ini berada pada kawasan hutan produksi, kawasan hutan lindung, dan kawasan hutan konservasi. Hal ini terjadi dikarenakan adanya dispute tata ruang sebelum UU 26 Tahun 2007 dengan kawasan hutan," kata dia. 

"Yang kedua, Pasal 110B mengatur mengenai penyelesaian perkebunan kelapa sawit yang telah terbangun di dalam kawasan hutan produksi, kawasan hutan lindung, dan kawasan hutan konservasi namun tidak mempunyai perizinan di bidang kehutanan. Penyelesaiannya akan diselesaikan melalui pengenaan sanksi administrasi berupa kewajiban membayar denda administratif di bidang kehutanan," imbuhnya.

Bambang berharap, pelaku usaha perkebunan kelapa sawit tersebut dapat segera mengurus perizinan sesuai UU yang berlaku agar kegiatan usaha perkebunan dapat berjalan dengan lancar.

Seluruh pelaku usaha perkebunan kelapa sawit yang saat ini terindikasi berada dalam kawasan hutan untuk segera memenuhi seluruh persyaratan sesuai Pasal 110A dan 110B Undang-Undang Cipta Kerja agar seluruh aspek perizinan kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit menjadi tuntas secara menyeluruh
"Beberapa temuan antara lain ada di peta indikatif banyak kebun kelapa sawit yang masuk ke hutan," sambungnya (dtk.com/SOI.2)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

70 Anggota PPK Inhu Dilantik

RENGAT (SULUHONLINE)- Suasana pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak tahun 2024 da

Ketua PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Usai pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua PWI Riau Raja Isyam

Polsek Kelayang Patroli Rumah Kosong

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, rutin melaksanakan patroli pada sejuml

Polisi Inhu Bantu Mobil Pemudik Pecah Ban

RENGAT (SULUHONLINE)- Salah satu mobil masyarakat pemudik yang melintas diruas Jalan Lintas Timur

DPRD Inhu Gelar Rapat Paripurna PAW, M.Ardhi Farhan Resmi Gantikan Yurizal

RENGAT, (SULUHONLINE.ID) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu Menggel

Perdana Kabupaten Indragiri Hulu Peringati Hari Jadi ke-68

RENGAT (SULUHONLINE)-Hari ini, Selasa, 19 Maret 2024, DPRD Inhu mengadakan Rapat Paripurna dalam