Pemprov Riau Bakal Selesaikan Ranperda RTRW Kab/Kota Tahun 2023 ini.

user2
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto (MCR)

PEKANBARU (SULUHONLINE.ID) –Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ikut membantu memfasilitasi penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) milik empat Kabupaten di Riau. 

Keempat Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil), Kuantan Singingi (Kuansing) dan Rokan Hilir (Rohil).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto mengatakan, untuk membantu menyelesaikan RTRW empat kabupaten tersebut, pihaknya secara bertahap melakukan rapat bersama pemerintah daerah setempat dan juga instansi terkait lainnya.

"Untuk di Riau saat ini, masih ada empat kabupaten yang RTRW nya belum selesai. Yakni Inhil, Inhu, Kuansing dan Rohil," kata SF Hariyanto sebagaimana dikutip dari mediacenter Riau,Rabu (21/6/2023).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk dua kabupaten yakni Inhil dan Inhu pihaknya sudah selesai melakukan rapat pembahasan. Selanjutnya, tinggal dua kabupaten lagi yang akan dilakukan rapat pembahasan bersama.

"RTRW Inhil dan Inhu sudah dibahas, selanjutnya tinggal dua kabupaten lagi. Setelah itu nanti baru akan dibawa ke Jakarta untuk kemudian disahkan," ujarnya.

Dijelaskan Sekdaprov, yang dibahas pada rapat tersebut yakni kesesuaian dan ketidaksesuaian antara data RTRW dengan fakta dilapangan. Di mana yang sesuai akan langsung disepakati, sedangkan yang tidak sesuai akan disepakati di Jakarta melalui Kementerian dalam negeri.

"Seperti terkait batas wilayah, termasuk batas wilayah dengan provinsi tetangga dan juga terkait kawasan pemukiman," sebutnya.

Pihaknya berharap, tahun ini juga RTRW di provinsi Riau sudah selesai. Karena dengan demikian, akan mempermudah investor yang akan berinvestasi karena sudah memiliki ketetapan status wilayah.

"Harapannya tahun ini bisa selesai, dengan begitu investor akan punya kepastian saat akan berinvestasi di Riau," ujarnya (MCR/SOI.2)



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

70 Anggota PPK Inhu Dilantik

RENGAT (SULUHONLINE)- Suasana pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak tahun 2024 da

Ketua PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik

PEKANBARU (SULUHONLINE)- Usai pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua PWI Riau Raja Isyam

Polsek Kelayang Patroli Rumah Kosong

RENGAT (SULUHONLINE)- Kepolisian Sektor (Polsek) Kelayang, rutin melaksanakan patroli pada sejuml

Polisi Inhu Bantu Mobil Pemudik Pecah Ban

RENGAT (SULUHONLINE)- Salah satu mobil masyarakat pemudik yang melintas diruas Jalan Lintas Timur

DPRD Inhu Gelar Rapat Paripurna PAW, M.Ardhi Farhan Resmi Gantikan Yurizal

RENGAT, (SULUHONLINE.ID) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu Menggel

Perdana Kabupaten Indragiri Hulu Peringati Hari Jadi ke-68

RENGAT (SULUHONLINE)-Hari ini, Selasa, 19 Maret 2024, DPRD Inhu mengadakan Rapat Paripurna dalam