Program Irama Desa

Masyarakat Diminta Jangan Menjual Mentah Hasil Pertanian

user2
Bupati Inhu saat meninjau tanaman pertanian masyarakat

RENGAT (SULUHONLINE)- Bupati Inhu Rezita Meylani menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak hanya menjual mentah hasil pertanian. Namun diolah untuk dijadikan produk khas desa masing-masing.

"Harapannya hasil yang kita tanam tidak dijual mentah, tapi diolah menjadi produk makanan atau oleh-oleh khas desa sehingga dapat meningkatkan nilai jual," jelas Bupati saat melaksanakan program Ibu Rezita Menyapa Desa (Irama Desa) di kecamatan Rengat, Senin (19/06).

Adapun desa yang dikunjungi Bupati Rezita  yakni Desa Rawa Bangun, Desa Sungai Raya, Desa Rantau Mapesai dan Desa Pasir Kemilu.

Di setiap kunjungannya, kepada masyarakat Rezita menyampaikan bahwa beliau bersama pemerintah kabupaten akan mendukung setiap kegiatan pertanian yang dilakukan masyarakat. "Buat saja proposal, sampaikan kebutuhan penunjang pertanian yang bapak ibu butuhkan. Insya Allah, kami selaku pemerintah akan mengusahakan menyiapkannya," ucap bupati.

Dalam kegiatan Irama desa kali ini Desa Rawa Bangun menjadi desa pertama yang dikunjungi oleh Bupati. Di desa tersebut, Bupati melakukan beberapa kegiatan seperti peninjauan pembangunan turap dan meresmikan kantor desa Rawa Bangun,

Selanjutnya menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Tak jauh dari kantor desa, Bupati juga meninjau kebun sayur yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani dan meninjau Bumdes. Bangun Jaya.

Selanjutnya di Desa Sungai Raya, Bupati kembali menyerahkan BLT DD dan ribuan bibit pohon buah serta 1 unit mobil ambulans. Tak hanya itu, Bupati juga melakukan peletakkan batu pertama sekaligus meninjau pembangunan kantor desa Sungai Raya.

Kepada dua desa yang kantor desanya diperbarui, Bupati berpesan dengan adanya kantor desa yang baru untuk bersama sama dijaga dan dirawat serta menjadikannya motivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Usai meletakan batu pembangunan kantor desa Sungai Raya, Bupati dan rombongan beranjak menuju Gedung Dang Purnama untuk membuka sosialisasi tentang Penurunan angka stunting di Inhu yang diikuti oleh Tim Pendamping Keluarga se-Kabupaten Inhu.

Desa ketiga tujuan Irama Desa di kecamatan Rengat yakni desa Rantau Mapesai untuk bersilaturahmi bersama petani dan meninjau kegiatan kelompok tani sejahtera. Bupati juga berkesempatan untuk memanen langsung sayuran seperti gambas dan mentimun di lahan pertanian yang dikelola kelompok tani tersebut.

Bertolak dari Desa Rantau Mapesai, Bupati beserta rombongan bergerak menuju desa Pasir Kemilu untuk meninjau pelayanan digital. Adapun pelayanan pelayanan masyarakat yang digelar di kantor desa yakni pelayanan kependudukan oleh Disdukcapil, pelayanan Perizinan usaha dan UMKM dari DPMPTSP dan Disperindag.

Pada kunjungan terakhir ini, Rezita juga meninjau Bumdes Paskem Jaya dengan komoditas ayam petelur dan ikan.(SO02/rel)

 



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

Cek BBM Jelang Idul Fitri 1445 H, Polres Inhu Datangi SPBU

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), melalui Unit Tindak P

Dukung Transformasi Energi, Bupati Inhu Bangga SPKLU Pertama

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Bertempat di Kantor PT. PLN Persero UP3 Rengat Jln.

Digelar Di Inhu, Kakanwil Kemenkumham Riau Buka Workshop Kegiatan Ini

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) - Sebanyak 80 orang peserta dari Kabupaten Indragiri Hul

Satreskrim Sidak Harga Pangan dan Upal di Pasar Rengat

RENGAT (SULUHONLINE )- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda R