Dibuka Bupati Inhu, Kelompok Tari Ini Gelar Workshop.

user2

RENGAT,(SULUHONLINE.ID) – Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing,Kec Rengat Barat menggelar Workshop Sejarah Dan Perkembangan Tarian Adat Talang Mamak.

Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, SKM., M.Si , Selasa ( 30/08/2022) di Hotel Miki Mutiara, Belilas, Kecamatan Seberida.

"Manfaat kan kesempatan ini untuk wujud karya nyata terhadap budaya talang mamak, selamat mengikuti workshop dan semoga tercapai tujuan yang telah di tetapkan" Kata Evi Irma Junita, SKM., M.Si dalam sambutannya.

Bupati Inhu,Kata Evi Irma Junita,Juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara Workshop ini.

Menurut Bupati Rezita, Dalam era globalisasi ini diminta kepada masyarakat Indragiri Hulu untuk tetap mempertahankan budaya yang ada dan tidak terpengaruh budaya yang datang dari luar termasuk mempertahankan budaya Talang Mamak.

Sementara itu,Menurut penjelasaan Penser,Ketua Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing,Kec Rengat Barat,Kegiatan Workshop ini digelar selama 2 hari dimulai 30 Agustus 2022 hingga 31 Agustus 2022.

“Saya selaku ketua kelompok tari pengrajin punya harapan besar kepada pemuda pemudi talang mamak khususnya yang sudah hadir pada kesempatan ini untuk terus bertanya menggali cerita sejarah budaya adat Talang Mamak kita supaya tidak hilang di kemudian hari, kalau tidak kalian anak-anak penerus talang mamak siapa lagi kalau tidak sekarang siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi,” katanya Penser.

Sedangkan, para peserta berasal dari tiga kebatinan Batin Adat Talang Mamak,Pemuda dan Pemudi Adat Talang Mamak, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Organisasi Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN) , Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Riau dan Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Batang Cenaku.

Turut hadir dalam kesempatan itu,Sita Rohana dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia, Yarlisman Kabid Kebudayaan Diknasbud Inhu, Gilung, Ketua Aliansi masyarakat Adat Nusantara (AMAN),Perwakilan Kapolres Inhu , dari Balai TNBT dan Perwakilan Danramil Seberida, para Batin-batin di beberapa suku talang mamak.

Sebelum penanda tanganan bersama terlebih dahulu menyaksikan anak-anak muda adat talang mamak persentasi hasil tulisan cerita budaya talang mamak dan menampilkan tarian tiga komunitas tersebut komunitas Desa Aur Cina Tari kain perempuan, komunitas Talang Sungai Limau Tari Silat adat talang mamak berpemakai dan komunikasi Desa Talang Jerinjing Tari Kain Laki-laki.

Kemudian lanjut kegiatan ini juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama menjaga d dan melestarikan budaya kearipan lokal talang mamak di kabupaten Indragiri Hulu.

Setelah penanda tanganan bersama lanjut ke dialog tanya jawab dengan dua orang Nara sumber dari Pekanbaru Riau Rini dan Heri menjelaskan begitu pentingnya masyarakat adat talang mamak untuk lebih memahami budaya di setiap komunitas masing-masing supaya dikenal oleh masyarakat luas mumnya Pemerintah Daerah, Provinsi dan sampai ketingkat Nasional Indonesia ungkapnya.SOI.2



Pilihan Redaksi

Berita Lainya

SMAN I Lirik Inhu Gelar Osis Cup Ke-5

RENGAT (SULUHONLINE)- Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) SMAN I Lirik Inhu melaksanakan kegiat

Kapolsek Batang Cenaku Sosialisasi Pemilu di SMAN I

RENGAT (SULUHONLINE)- Para siswa dan siswi SMAN I Batang Cenaku, terutama yang menginjak usia 17

Peringati HUT PGRI ke-78, Kasatres Narkoba Polres Inhu Beri Penyuluhan di Sekolah Ini.

RENGAT (SULUHONLINE.ID) - Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Indragiri Hulu (Inhu) yang dipim

Peringati HGN ke-78, Kapolsek Lirik Datangi Dua Sekolah ini.

RENGAT (SULUHONLINE ID) - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Lirik, Polres Indragiri Hulu (Inhu)

SMAN I Lirik Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

RENGAT (SULUHONLINE)-Guna lebih meningkatkan pemahaman guru terhadap pelaksanaan kurikulum merdek